RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pembelajaran : IPS
Kelas/ Semester : IV(Empat)/ 1( Satu)
Alokasi Waktu : 45 menit/ 1 kali Pertemuan
Standar kompetensi :1.Memahami sejarah,kenampakan alam,dan keragaman suku bangsa lingkungan kabupaten dan provinsi.
Kompetensi Dasar :1.1 Membaca peta lingkungan setempat(kabupaten/kota,provinsi)dengan mengunakan skala sederhana.
Indikator : - Menyebutkan letak-letak kabupaten setempat pada peta
- Menyebutkan perbedaan tinggi rendahnya permukaan bumi pada peta.
I. Tujuan Pembelajaran
Dari kegiatan pembelajaran yang di lakukan siswa dapat
- Mengetahui kegunaan peta.
- Mengetahui lengkap tidaknya peta berdasarka komponen yang ada dalam peta.
II Materi Pembelajaran
- Pengertian peta.
- Penbagian peta berdasarkan kegunaannya beserta pengertiannya.
- Pengertian komponen-komponen pada peta.
III Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Penugasan
- Tanya jawab
IV Langkah –Langkah Pembelajaran
A.Kegiatan awal (waktu 10 menit)
Apersepsi : Kegiatan membuka pelajaran
Pre tes : - Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi yang akan di berikan(jika sudah melangkah di BAB Baru)
: - Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi yang diberikan pada sebelumnya(Melanjutkan Materi)
Absensi : Mengetahui kehadiran siswa (S/I/A
B. Kegiatan Inti
Ø Kegiatan 1 (waktu 1x 20 )
- Menjelaskan pengertian & menyabutkan macam –macam Peta berdasarkan kegunaannya.
Ø Kegiatan 2 (waktu 1 x 25 menit )
- Menjelaskan Gambaran pada peta tentang tnggi rendahnya suatu tempat.
Ø Kegiatan 3 ( waktu 1x 25 )
- Menjelaskan macam –macam komponen yang terkandung dalam peta(judul peta,skala peta,Mata angin,Legenda,Indeks,& Tata warna dalam pata)
C. Kegiatan akhir ( waktu 10 menit )
Menyimpulkan materi yang telah di berikan pada kegiatan inti memberikan post test dan salam penutup.
V. Alat, media, sumber belajar
1) Alat
- Papan tulis
2) Media
- Peta lingkungan setempat
Contoh : Peta kabupaten Rembang
3) Sumber belajar
- Modul
- Buku paket
VI. Penilaian
- Test tertulis
EVALUASI
- Jelaskan pengertian peta?
- Berdasarkan kegunaannya peta dibagi menjadi 2 macam,sebut dan jelaskan!
- Jelaskan pengertian Komponen pada peta?
- Sebutkan bagian-bagian komponen pada peta!
- Berikan 3 contoh symbol beserta keterangan yang ada dalam peta!
Kepala Sekolah | Guru Kelas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar